Pemdes Klunggen Adakan Penyuluhan Desa Layak Anak

Remaja Desa Klunggen mengikuti penyuluhan Desa Layak Anak (dokumentasi oleh Brother)

Klunggen| klunggen.desa.id | Pemerintah Desa Klunggen menyelenggarakan Penyuluhan Desa Layak Anak pada Jum’at (9/4/2021). Kegiatan ini bertempat di Pendopo Balai Desa Klunggen yang dihadiri oleh Perangkat Desa, Kader PKK, Orang tua yang memiliki remaja dan Remaja di Desa Klunggen. Penyuluhan ini dilakukan untuk memberikan sosialisasi kepada masayarakat Desa Klunggen tentang pentingnya Desa dalam mencegah dan melindungi anak dari kekerasan dalam keluarga.

Pemaparan materi oleh Dwi Lestariningsih (dokumentasi oleh Brother)

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini Dwi Lestariningsih dan Sri Winarni dari Kecamatan Slogohimo dan hadir pula dari Forkompincam yang diwakili dari Kapolsek dan Danramil. Kegiatan ini mengangkat permasalahan anak dan remaja yang ada di desa dengan tema POLA ASUH ANAK DAN REMAJA : USAHA ORANG TUA DALAM MEMBINA DAN MEMBIMBING ANAK BAIK JIWA MAUPUN RAGANYA SEJAK LAHIR SAMPAI DEWASA (18 TAHUN) yang disampaikan oleh Dwi Lestari Ningsih. Beliau juga menyampaikan tentang pentingnya peran orang tua dalam menjaga dan mendidik anak terumatama bagi orang tua yang memiliki remaja.

Pemaparan Materi oleh Sri Winarsih (Dokumentasi oleh brother)

Sri Winarsih sebagai narasumber kedua menyampaikan tentang peran orang tua sebagai berikut:

  1. ASUH: Memenuhi kebutuhan gizi, nutrisi, imunisasi, kebersihatan diri dan lingkungan, pengobatan dan bermain
  2. ASIH: Menciptakan rasa aman dan nyaman, mendapatkan perlindungan yang kurang baik dan tindak kekerasan
  3. ASAH: Melakukan stimulasi (rangsangan dini) pada semua aspek perkembangan

Selain hal diatas beliau juga menyampaikan tentang masa pandemi covid 19 ini terjadi peningkatkan kasus kekerasan terhadap anak dan remaja yang cukup signifikan. Data KPPPA : Selama bulan Januari – Juli 2021 telah terjadi 2556 kasus kekerasan seksual terhadap anak dan remaja

Dengan penyuluhan yang dilakukan di Desa Klunggen dapat memberikan manfaat untuk masyarakat dan kekerasan dalam rumah tangga tidak terjadi serta kenakalan remaja dapat ditanggulangi secara baik. (par)

Materi Penyuluhan bisa diunduh melalui link dibawah ini:

  1. POLA ASUH ANAK REMAJA
  2. PENCEGAHAN KEKERASAN TERHADAP ANAK
  3. FOTO KEGIATAN

11 Comments

  1. Semangat dan maju terus Pemerintah Desa Klunggen, go nyawiji sesarengan mbangun Desa Klunggen tercinta. Terimakasih

Tinggalkan Balasan