Pemdes Klunggen Selenggarakan Pelatihan Budidaya Lele didampingi Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Wonogiri

Klunggen | klunggen.desa.id | Pemerintah Desa Klunggen menyelenggarakan Pelatihan Budidaya Lele pada Senin (19/4/2021) di Pendopo Balai Desa Klunggen. Sebagai narasumber penyampai materi pada kegiatan ini dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Wonogiri. Peserta yang mengikuti pelatihan dari kalangan pemuda Desa Klunggen yang berasal dari perwakilan tiap Dusun. Selain bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat kegiatan ini bertujuan untuk memberbaiki ekonomi di masa pademi covid-19.

Peserta menandatangani daftar hadir (Doc. Brother)

Acara dimulai dan dibuka langsung oleh Kepala Desa Klunggen. Beliau menyampaikan dengan diadakanya pelatihan budidaya lele dapat memberikan manfaat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Klunggen. Diharapkan pemuda Desa dapat memberikan kontribusi dalam meningkatakan sumber daya manusia yang diawali dari bangkitnya pemuda desa.

Kepala Desa Klunggen membuka kegiatan Pelatihan Budidaya lele (Doc. Brother)

Siti Ziyadaturrohmah, sebagai narasumber dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Wonogiri menyampaikan tentang materi budidaya lele. Beliau menyampaikan prosedur budidaya yang baik dan benar dimulai dari persiapan kolam, pemilihan bibit unggul dan pemberian pakan. Selanjutnya penyampaian tentang penjualan dan keuntungan yang akan didapat oleh petani lele dengan membudidayakan minimal 1000 ekor.

Penyampaian Materi Pelatihan oleh Siti Ziyadaturrohmah dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Wonogiri (Doc. Brother)

Selain Pelatihan Budidaya lele, Pemerintah Desa Klunggen menyalurkan terpal kolam ikan, bibit lele dan pakan untuk diberikan kepada peserta pelatihan. Pemberian bibit dan alat budidaya ini dimaksudkan agar peserta yang mengikuti peltihan dapat mempraktekan secara langsung budidaya lele di rumah. Peralatan ini akan disampaikan dengan mengantar langsung ke rumah peserta pelatihan karena terkendala pengadaan bibit jika disampaikan secara langsung pada saat selesai pelatihan. (p4r)

3 Comments

Tinggalkan Balasan