Pemantapan Pendataan SDGs Desa Klunggen

Klunggen | klunggen.desa.id | Pemerintah Desa Klunggen melaksanakan pemantapan pendataan SDGs bersama tim pokja di pendopo Balai Desa Klunggen pada Jum’at (23/4/2021) siang. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh relawan pokja yang terdiri dari Ketua, Sekretaris dan anggota pokja yang terdiri dari 19 orang. Kegiatan yang dihadiri dan didampingi langsung oleh Pendamping Desa ini membahas cara input data SDGs secara online dan membahas berbagai permasalahan yang muncul selama pendataan oleh pokja di setiap Dusun.

Baca Juga: Siapa yang terlibat pendataan SDGs Desa?

Input data secara online merupakan bagian dari pendataan SDGs Desa yang harus dilakukan oleh setiap pokja, mulai dari input data Rukun Tetangga (RT), data Kepala keluarga (KK) dan data individu. Sebelum input online dilakukan, relawan pokja telah melakukan pendataan secara manual yaitu dengan keliling kerumah warga secara door to door untuk mengisi kuisioner yang yang telah disediakan oleh pemerintah Desa dan telah didistribusikan sebelumnya.

Baca Juga: Wisata Wonogiri Bisa Dibuka, Hajatan Diizinkan Tapi Belum Boleh Nyawer

Kuisioner pendataan ada tiga rangkap yaitu kuisioner RT, Kuisioner KK dan Kuisioner Individu. Pada Kuisioner RT meliputi pendataan mengenai lokasi RT, Pengurus RT, Lembaga Ekonomi dan pendataan lain yang meliputi wilayah RT. Sedangkan Kuisioner Kepala Keluarga meliputi lokasi atau tempat tinggal KK, akses pendidikan yang diperoleh dalam Rumah tangga, akses pendidikan, akses sarana dan prasarana dan pendataan lain yang berkaitan dengan data rumah tangga atau kepala keluarga. Kuisioner Individu mencakup lokasi tempat tinggal tiap individu yang didata, pekerjaan, penghasilan dan data lain yang berkaitan dengan data individu.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat SDGs Desa

Siti Aisyah menyampaikan cara input online kepada pokja (Doc. Brother)

Pendamping Desa Kecamatan Slogohimo, Siti Aisyah memaparkan cara input data kuisioner secara online kepada peserta pokja yang hadir. Beliau menyampaikan Aplikasi SDGs versi terbaru yaitu versi 1.8 dan merupakan penyempurnaan aplikasi versi sebelumnya karena versi sebelumnya banyak menemui kendala dan hambatan. Pada versi terbaru ini penginputan data lebih cepat dan akurat dibandingkan dengan versi sebelumnya. Siti Aisyah menyampaikan cara input data RT dan menjelakan setiap data sehingga diharapkan pokja yang melakukan input data lebih memahami tentang input data yang dimaksud. Selain memberikan pengarahan, sesi penyampaian masalah yang dialami oleh setiap pokja dijawab dan memberikan solusi pada setiap permasalahan yang dihadapi oleh pokja.

Tim Relawan Pokja Pendataan SDGs (Doc. Brother)

Pelaksanaan pemantapan pendataan SDGs Desa diharapkan akan mempermudah pelaksanaan kegiatan pendataan dan dapat meminimaliasir kesalahan pendataan. Masayarkat Desa Klunggen pun diharapkan dapat kooperatif dalam memeberikan data yang benar, jujur agar data yang didapatkan bersifat akurat sehingga kebijakan pembangunan pemerintah dapat lebih menyasar dan sesuai dengan kondisin riil di lapangan.

Mari Sukseskan Pendataan SDGs Desa Klunggen Tahun 2021. (p4r)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan