Budaya Membaca di Era Digital Wonogiri

Peserta melihat koleksi buku Perpustakaan Keliling (doc. Brother Photography)

SLOGOHIMO | klunggen.desa.id | Dalam rangka turut serta mewujudkan perpustakaan yang profesional dan menyukseskan Gerakan Literasi Nasional sebagai bagian dari upaya meningkatkan mutu pendidikan nasional, terutama di wilayah Kabupaten Wonogiri, Dinas kaarsipan yang dihadiri oleh Kasubag perpustakaan mengadakan sosialisasi dalam bentuk Perpustakaan Keliling. Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu (9/6/2021) di Pendopo Kecamatan Slogohimo. Sebagai peserta dihadiri oleh perangkat Desa seKecamatan Slogohimo.

Sambutan Dinas Kearsipan Kasubag Perpustakaan Kab. Wonogiri (doc.Brother Photogrphy)

Acara dibuka oleh Kasi Kesra Kecamatan Slogohimo, Warti. Selanjutnya Kasubag perpustakaan dari Dinas Kearsipan Wonogiri menyampaikan sambutan tentang minat baca yang ada di Kabupaten Wonogiri begitu memprihatinkan hal ini disebabkan oleh banyaknya pengguna genget yang ada dimasyarakat. Saat ini masyarakat mulai meninggalkan membaca buku karena penggunaan smartphone lebih mendominasi mulai dari anak-anak hingga dewasa. Beliau mengajak kepada peserta yang hadir untuk mengajak masyarakat yang ada di Desa untuk membudayakan masyarakat dalam membaca buku karena dengan membaca banyak hal baru yang akan ditemukan. Saat ini banyak perpustakaan desa yang cenderung vacum karena minat baca di masyarakat sangat kurang.

Dinas Kearsipan Wonogiri bagian perpustakaan daerah yang saat ini memiliki Perpustakaan Keliling siap memfasilitasi Desa yang ada Kecamatan Slogohimo. Fasilitas yang diberikan berupa kegiatan pojok baca dan kegiatan lain yang membutuhkan Perpustakaan Keliling untuk memfasilitasi.

Di era digital seperti saat ini, perpustakaan Daerah Kabupaten Wonogiri meluncurkan Perpustaakan berbasis digital dengan aplikasi yang bisa diunduh melelui smartphone android. Diharapakn dengan mengikuti perkembangan teknologi masyarakat ada keinginan untuk membudayakan budaya membaca tanpa harus datang di perpustakaan dan dapat membaca buku di berbagai tempat. (p4r)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan