INOVASI

SI HITAM BERSERAT TINGGI

Nilai Gizi Beras Hitam:

Mengutip Food Data Central U.S. Department of Agriculture, jika dibandingkan dengan jenis beras lainnya, beras hitam merupakan salah satu yang tertinggi proteinnya. Per 3,5 ons (100 gram), beras hitam mengandung 9 gram protein, dibandingkan dengan beras merah yang memiliki 7 gram protein. Beras hitam juga merupakan sumber zat besi yang baik, yakni mineral yang penting untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Dalam 1/4 cangkir (45 gram) beras hitam mentah, terdapat beberapa nutrisi seperti:

  • Kalori: 160.
  • Lemak: 1,5 gram.
  • Protein: 4 gram.
  • Karbohidrat: 34 gram.
  • Serat: 1 gram.
  • Besi: 6 persen dari rekomendasi harian.

Beras hitam juga kaya akan antioksidan. Antioksidan adalah senyawa yang melindungi sel tubuh dari stres oksidatif yang disebabkan oleh molekul yang dikenal sebagai radikal bebas. Antioksidan sangat penting, karena stres oksidatif telah dikaitkan dengan peningkatan risiko beberapa kondisi kronis, termasuk penyakit jantung, Alzheimer, dan beberapa jenis kanker.

Meskipun kurang populer dibandingkan varietas beras lainnya, penelitian menunjukkan bahwa beras hitam memiliki kapasitas dan aktivitas antioksidan tertinggi secara keseluruhan. Faktanya, selain antosianin, beras hitam ternyata mengandung lebih dari 23 senyawa tanaman dengan sifat antioksidan, termasuk beberapa jenis flavonoid dan karotenoid.

Berikut perbandingan kandungan nutrisi dari keempat jenis beras:

  • 100 gram beras hitam mengandung 4,9 gram serat, 8,5 gram protein, dan 3,5 mg zat besi.
  • 100 gram beras putih mengandung 0,6 gram serat, 6,8 gram protein, dan 1,2 gram zat besi.
  • 100 gram beras coklat mengandung 2,8 gram serat, 7,9 gram protein, dan 2,2 gram zat besi.
  • 100 gram beras merah mengandung 2,0 gram serat, 7,0 gram protein, dan 5,5 gram zat besi.

Oleh karena itu, menambahkan nasi hitam ke dalam makanan sehari-hari bisa menjadi cara mudah untuk memasukkan lebih banyak antioksidan untuk melindungi tubuh dari ancaman penyakit.

Manfaat beras hitam untuk kesehatan tubuh

Kandungan nutrisi yang tinggi dalam beras hitam membuat beras ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaat beras hitam untuk kesehatan, di antaranya:

1. Melindungi sel tubuh

Antosianin menjadi senyawa antioksidan yang paling dominan dalam beras hitam. Antioksidan antosianin dapat mengurangi stres oksidatif, serta melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Dengan mengonsumsi beras hitam, maka sel-sel tubuh Anda akan terlindungi.

2. Mencegah diabetes

Beras hitam dapat mengurangi gula darah pada penderita hiperglikemia. Beras ini juga bisa mendorong glukosa masuk ke dalam sel dan otot daripada ke dalam darah. Selain itu, beras hitam juga mampu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengontrol kadar glukosa darah dengan baik sehingga terhindar dari diabetes.

3. Mengendalikan kolesterol

Beras hitam dipercaya mampu mengurangi kolesterol tinggi dan kadar trigliserida dalam darah. Tokotrienol antioksidan yang ada dalam beras hitam dapat menekan aksi enzim yang terlibat dalam pembuatan kolesterol.

4. Mengurangi berat badan

Beras hitam bagus untuk diet. Beras hitam kaya akan sumber serat makanan sehingga membantu menunda rasa lapar dan membuat Anda merasa kenyang.Hal ini bisa membuat kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda menjadi berkurang sehingga bermanfaat bila ingin menurunkan berat badan. Kandungan kalori yang rendah pada beras hitam pun cocok untuk dijadikan menu diet Anda.

5. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Sebagai sumber serat makanan yang baik, beras hitam dapat membantu mengatur pergerakan usus sehingga feses bisa keluar lebih mudah. Hal ini dapat mencegah sembelit, kembung, dan membantu meringankan masalah pencernaan.

6. Menjaga kesehatan jantung

Mengonsumsi beras hitam secara teratur dapat membantu menjaga arteri tetap bersih yang membuat aliran darah lancar, sehingga terhindar dari serangan jantung dan stroke. Antosianin dan senyawa bergizi lainnya yang terkandung dalam beras hitam dipercaya bisa menjaga kadar glukosa, kolesterol, dan trigliserida darah yang sehat sehingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

7. Mendetoks tubuh secara alami

Beras hitam bisa mendetoks tubuh secara alami. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam beras hitam dapat meningkatkan dan membantu hati membuang racun, sehingga terhindar dari penumpukan racun yang bisa memicu penyakit. Selain itu, fitonutrien yang terkandung dalam beras hitam juga dapat mengeluarkan zat berbahaya dari tubuh.

8. Melawan peradangan

Senyawa antosianin dalam beras hitam memiliki efek anti-inflamasi yang mampu melawan dan mengurangi peradangan. Tak hanya itu, beras hitam pun dianggap memiliki potensi luar biasa dalam mengobati penyakit yang berhubungan dengan peradangan kronis.

9. Menjaga kesehatan hati

Kelebihan asupan diet tinggi lemak dapat menyebabkan penumpukan lemak di hati. Ini dapat menimbulkan stres oksidatif dan peradangan yang berujung pada penyakit hati. Namun, antosianin dalam beras hitam dapat mengurangi penyimpanan lemak di hati, mengembalikan struktur dan fungsi hati normal, serta membantu regenerasi sel hati yang sehat.

10. Meningkatkan fungsi otak

Mengonsumsi beras hitam dapat meningkatkan antioksidan tubuh sehingga melindungi sel-sel otak dari kerusakan. Selain itu, dapat pula menjaga kinerja kognitif otak dan membatasi efek buruk penuaan otak. Antosianin dalam beras hitam pun bisa meningkatkan daya ingat dan pembelajaran.

11. Menghambat pertumbuhan kanker

Antosianin dalam beras hitam mampu menghambat pertumbuhan dan perluasan sel kanker sehingga mencegah penyebaran sel kanker ke organ tubuh lainnya. Selain itu, antosianin juga dapat menghambat pertumbuhan tumor dengan menghalangi pasokan darah ke tumor.

Budidaya Beras/Padi Hitam

Adapun langkah-langkah yang harus dilaksanakan dalam proses kegiatan budidaya padi hitam khususnya untuk penanaman di lahan sawah adalah sebagai berikut :

Penyiapan Bibit

Jemur benih padi selama ± 1 jam,. rendam benih selama ± 12 jam dan buang benih padi yang terapung. Tiriskan benih padi, masukkan benih ke dalam karung yang telah dilapisi daun pisang dan tutup rapat, simpan di tempat lembab. Benih diperam selama 2-3 hari sampai benih mulai berkecambah. Benih berkecambah siap ditebar.

Persiapan media semai dengan menyiapkan lahan ukuran 20 m² untuk lahan 1000 m2. Gunakan pupuk makro Urea 0,135 kg setara ¾ gelas air mineral, NPK 0,34 kg setara 13/4 gelas air mineral, Dolomit 1 kg setara ½ gelas air mineral, Pupuk Organik Padat 25 kg .. Pupuk urea, NPK, dolomit dan Pupuk Organik Padat dicampur kemudian ditebar merata ke lahan semai. Diamkan lahan ± 7 hari sebelum benih ditebar dan jaga kondisi media tetap lembab.

Pemeliharaan bibit dengan penyemprotan Pupuk Organik Cair dosis 2cc/liter umur 7 Hari Setelah Tanam (HSS), 14 HSS, dan 18 HSS diaplikasikan pada jam 07.00-10.00 atau sore jam 14.00-16.30 Jaga kondisi lahan semaian macak-macak (ketinggian air ± 1 cm) untuk pesemaian basah.

Pengolahan lahan dan Pemupukan

Pengolahan lahan/pembajakan dengan alat tradisional atau modern (traktor) sampai kondisi tanah gembur dan siap ditanami. Untuk pemupukan dasar maupun susulan dilakukan dengan dosis seperti tabel dibawah:

  • Pupuk Dasar: Pupuk Kandang/Kompos (Fermentasi) 2 ton/ha, dolomit 2 ton/ha (tergantung keasaman tanah), SP 36 100 kg/ha
  • Pemupukan susulan pertama dilakukan saat padi berumur 7-10 HST. Pupuk yang digunakan adalah Urea 75 kg/ha, SP-36 100 kg/ha dan KCL 50 kg/ha.
  • Pemupukan susulan kedua diberikan saat tanaman padi berumur 21 HST menggunakan pupuk Urea sebanyak 150 kg/ha.
  • Pemupukan susulan ketiga pada saat umur padi 42 HST menggunakan 75 kg/ha Urea dan 50 kg/ha KCl.

Pemberian pupuk dosis pupuk dasar untuk luas lahan 1 Ha ada pada tabel di atas. Diamkan lahan ± 1 minggu sebelum tanam, jaga kondisi air macak-macak. Lahan siap untuk ditanami

Penanaman

Penanaman dengan jarak tanam 25 cm x 25 cm, 30 cm x 30 cm atau menggunakan sistem jajar legowo (spesifik lokasi). Umumnya cara penananaman padi hitam sebagai penghasil beras hitam sama dengan penanaman padi lainnya. Padi hitam memerlukan penyinaran matahari penuh tanpa naungan. Dimana angin cukup berpengaruh pada penyerbukan dan pengisian bulir padi.

Pemeliharaan

Pemeliharaan meliputi : Pemupukan susulan, penyiangan, pengaturan tata air, pengendalian hama penyakit tanaman.

Panen

Panen harus memperhatikan waktu yang tepat karena akan mempengaruhi kualitas padi dan beras. Syarat-syarat panen 90 – 95 % gabah dari malai tampak kuning, malai berumur 30 – 35 hari setelah berbunga merata, kadar air gabah 22 – 26 % yang diukur dengan moisture tester.

 

SEKAM PADI ALTERNATIF PAKAN TERNAK

Kandungan Nutrisi:

Komposisi Kimia Sekam Padi (% berat) Komponen

% Berat

Kadar air 32,40 –11,35
Protein kasar 1,70 –7,26
Lemak 0,38 –2,98
Ekstrak nitrogen bebas 24,70 –38,79
Serat 31,37 –49,92
Abu 13,16 –29,04
Pentosa 16,94 –21,95
Sellulosa 34,34 –43,80
Lignin 21,40 –46,97

Alat dan Bahan:

Alat:

  1. Mesin Cruiser FFC 23 mesin penggerak bensin 6,5 hp
  2. Drum Plastik

Bahan:

  1. Sekam padi (hasil pengipasan bukan dari sekam pengilingan padi) 30 kg
  2. Tetes Tebu 100 mL
  3. E4 Pakan 10 mL
  4. Kalsium 200 gr
  5. Limbah lain (limbah gaplek, sisa sayuran) 5 kg
  6. Air 1 L

Proses Pembuatan:

  1. Giling Sekam padi limbah lain (limbah gaplek, sisa sayuran) ke dalam mesin Cruiser FFC 23
  2. Sambil menunggu penggilingan campurkan EM4 Pakan 10 mL, Tetes tebu 100 mL dan Air 1 L, untuk meningkatkan jumlah bakteri campuran ini didiamkan selama 15 menit
  3. Hasil gilingan sekam dicampur dengan kalsium untuk ternak sebanyak 200 gr selanjutnya campuran M4 pakan, tetes tebu dan air digunakan untuk fermentasi dengan mencamprnya bersama gilingan sekam yang telah dicampur kalsium
  4. Kemudian campuran tadi dimasukkan ke dalam tong plastik untuk proses fermentasi selama 1 minggu dalam keadaan tertutup
  5. Setelah satu minggu fermentasi langsung dapat digunakan untuk pakan ternak