Sebelum Melakukan Pemupukan Perhatikan Pencampuran Pupuk

  • Mar 06, 2023
  • parwotobrother
  • PERTANIAN, ARTIKEL

klunggen.desa.id | Kunggen | Pupuk kimia adalah pupuk yang terbuat dari bahan kimia yang mengandung unsur hara yang bermanfaaat sebagai sumber makanan bagi tanaman. Pupuk kimia yang beredar di pasaran dapat berupa pupuk tunggal maupun pupuk majemuk. Terdapat berbagai jenis pupuk kimia yang memiliki unsur hara dan fungsi yang spesifik untuk kebutuhan tanaman. Terkadang di lapangan, petani mencampur beberapa jenis pupuk dan diaplikasikan secara bersamaan. Akan tetapi, apabila campuran pupuk kurang sesuai, akan mengakibatkan beberapa dampak negatif, seperti hilangnya unsur hara, tanaman tidak dapat menyerap unsur hara, bahkan dapat meracuni tanaman. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa jenis pupuk kimia yang sebaiknya tidak dicampur saat diaplikasikan.

1. Pupuk Urea dan Pupuk KCL

Pupuk urea apabila dicampur dan diaplikasikan bersama pupuk KCL akan mengakibatkan terbentuknya gumpalan-gumpalan sehingga penyebaran pupuk tidak merata dan pupuk sulit diserap oleh tanaman.

2. Pupuk Ammonium (Urea) dan Pupuk Phosphat

Pupuk ammonium seperti urea adalah pupuk yang memiliki kandungan unsur hara nitrogen. Urea dalam tanah akan mudah terurai oleh enzim urease yang diproduksi oleh mikroorganisme tanah. Pupuk nitrogen sebaiknya tidak dicampur dengan pupuk phosphate seperti TSP, SP-36 atau SP-18 karena akan menurunkan pH tanah. Tanah yang terlalu masam akan mematikan mikroorganisme tanah penghasil enzium urease sehingga tidak baik untuk tanaman.

3. Pupuk Kalium dan Pupuk Dolomit

Pupuk dolomit merupakan pupuk yang mengandung unsur kalsium (Ca) dan magnesium (Mg). Interaksi antara unsur kalium dengan magnesium bersifat antagonis, begitu pula antara unsur kalium dan kalsium. Aplikasi pupuk kalsium dan pupuk kalium seperti ZK dan KCL secara bersamaan akan mengakibatkan unsur kalsium tidak dapat diserap secara sempurna oleh tanaman.

4. Pupuk Kalium dan Pupuk Kieserite

Pupuk kieserite adalah pupuk yang mengandung unsur belerang (S) dan magnesium (Mg). Pupuk ini sebaiknya tidak dicampur dengan pupuk kalium seperti pupuk KCL atau pupuk ZK karena interaksinya bersifat antagonis. Demikian daftar pupuk kimia yang sebaiknya tidak dicampur saat akan diberikan kepada tanaman. Apabila Sobat Tania ingin mengetahui dosis pemupukan yang tepat dan efisien,

Sumber: https://www.neurafarm.com