Waspada! Hama Kaper Sebelum Tanam Padi

  • Mar 14, 2023
  • parwotobrother
  • PERTANIAN, ARTIKEL

klunggen.desa.id | KLUNGGEN | Padi adalah bahan makanan pokok yang sering dimanfaatkan oleh orang Indonesia. Pengetahuan petani terhadap tanaman padi sangat perlu terutama dalam mengatasi hama kaper pada tanaman padi Berikut ini yang harus anda ketahui sebelum mengetahui cara mengatasi hama kaper pada tanaman padi.

Syarat Padi Bisa Tumbuh

Padi dapat dikatakan berhasil apabila seorang petani dapat mengambil hasil panen dari padi yang sudah ditanam. Sebenarnya ada yang perlu diperhatikan oleh petani agar memperoleh hasil panen padi yang melimpah. Berikut ini syarat adi bisa tumbuh dengan baik yang harus diketahui petani supaya tanaman yang ditanam memperoleh hasil panen yang terbaik.

  1. Ada Pengaruh Suhu Minimum

Beberapa tanaman baik itu, tanaman penghasil bahan makanan, hias dan lainnya tentunya memiliki suhu minimum dalam pertumbuhan dan perkembangannya. Pada tanaman padi, suhu minimum sangat penting terutama saat proses perkecambahan, pembungaan dan pembentukan biji. Suhu minimum untuk proses perkecambahan adalah 11 derajat celcius sampai dengan 25 derajat celcius.

Pada proses pembungaan, suhu minimum tanaman padi supaya bisa berbunga adalah 22 derajat celcius sampai dengan 23 derajat celcius. Sedangkan huhu untuk pembentukan biji 20 derajat celcius sampai dengan 25 derajat celcius. Dengan demikian suhu di suatu daerah yang tropika sangat cocok untuk tanaman padi dapat tumbuh dengan baik.

  1. Curah Hujan

Wilayah tropika memiliki suhu yang tinggi atau rendah yang seringkali dibarengi dengan pengaruh curah hujan. Pentingnya curah hujan pada pertumbuhan dan perkembangan tanamn padi adalah membantu tanaman padi memperoleh air sebagai elemen alam yang membantu padi agar tetap hidup.

Padi bisa tumbuh dan berkembang dengan baik apabila wilayah tersebut memiliki curah hujan rata-rata 200 mm pada bulan pertama atau lebih. Adapun distribusi curah hujan selama 4 bulan dengan jumlah yang demikian. Namun tanaman padi dapat tumbuh dengan baik apabila daerah tersebut memiliki rata-rata curah hujan 1500 sampai 2000 milimeter pada tahun pertama.

Ketinggian Tempat

Tidak hanya tanaman kehutanan yang dipengaruhi pertumbuhan terhadap ketinggian, tetapi tanaman pertanian seperti padi dapat dipengaruhi oleh ketinggian tempat. Padi yang ditanam pada ketinggian 0 sampai dengan 1500 meter diatas permukaan laut dapat tumbuh dengan baik.

  1. Kondisi Tanah dan PH

Hal yang sangat krusial sekali pada tanaman agar dapat tumbuh dengan baik karena faktor tanah. Tanah adalah tempat dimana tanaman dapat berpijak.

Untuk padi, kondisi tanah yang memiliki kandungan fraksi pasir, debu dan lempung dalam jumlah tertentu dan memerlukan air dalam jumlah banyak sehingga membentuk lapisan diatasnya sekitar 18 sampai dengan 22 cm dengan ph 4 sampai 7. 

Cara Hama Kaper Menyerang Padi

Seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan tanaman yang ditanam, tentuanya ada masanya petani mengalami masalah seperti terserang hama dan penyakit pada tanaman yang ditanam. Oleh karena itu petani harus mengetahui hama dan penyakit apa yang dapat menyerang tanaman padi mereka.

Beberapa tanaman padi sangat rentan dengan beberapa hama dan penyakit salah satunya kaper. Kaper bisa menjadi hama pada padi karena menyerang dalam jumlah yang banyak sehingga menganggu pertumbuhan dan perkembangan tanaman padi.

Penamaan kaper sebai hama tanaman padi merupakan sebutan lain dari ulat plutella. Secara siklus hidupnya, ulat plutella memiliki 3 kondisi yaitu, saat menjadi telur, ulat dan kupu-kupu sehingga memiliki morfologi tubuh yang beda-beda. Saat ulat plutella menjadi kupu-kupu, kondisi tubuh berukuran kecil dengan panjang 1.25 cm berwarna cokat kelabu. 

Sedangkan saat berubah menjadi telur, ulat plutella memiliki bentuk bulat dengan warna kuning. Sedangkan saat menjadi ulat, ulat plutella memiliki panjang 8-10 mm dengan lebar 1-1.5 mm dengan warna hijau bergerak dengan lincah.

Cara hama kamper bisa menyerang padi tergantung pula pada kondisi tubuh ulat plutella. Terkadang fase yang berbahaya ketika ulat plutella menyerang padi pada fase larva atau menjadi ulat. Fase penyerangan padi ketika bertelur dan kupu-kupu tidak terlalu parah.

Biasanya hama ini bisa berkembang dari tanaman sisa padi yang baru dipanen lalu hama kaper bertelur dan menyebar ke beberapa tanaman lain. seringkali pada tanaman padi hama ini menyerang bagian batang dan daun pada tanaman padi sehingga dapat terlihat hama kaper membuat batang tanaman padi berlubang dan daun berlubang.

Cara Mengatasi Hama Kaper Pada Tanaman Padi

Setelah anda mengetahui syarat padi bisa tumbuh dan cara hama kaper dapat menyerang padi bagaimana, anda akan kami arahkan kepada bagaimana cara mengatasi hama kaper pada tanaman padi. Perlu diketahui cara mengatasi hama kaper pada tanaman padi sangat diperlukan supaya tanaman padi yang anda tanam tetap bertahan.

Berikut ini cara yang dapat dilakukan oleh petani untuk cara mengatasi hama kaper pada tanaman padi.

  1. Insektisida Selektif

Pengendalian hama kaper bisa dilakukan dengan penggunaan insektisida pada tanaman padi. Cara pemberian insektisida pada tanaman padi tergantung dari dosis penggunaan yang tertera pada label insektisida yang anda beli.

  1. Predator Ulat Plutella

Persaingan antar makhluk hidup terjadi juga pada hewan. Supaya hama kaper tidak mendominasi lingkungan tanaman padi, hal yang dilakukan petani adalah menggunakan predator alami. Predator di alam dapat membantu kondisi seimbang sehingga tidak merugikan makhluk hidup yang lain dan dapat hidup berdampingan. Pada ulat plutella, predator alaminya adalah parasitoid Sturmia sp dan Inareolata sp.

  1. Sistem Penanaman Banyak Tanaman

Penanaman dengan tanaman lain sering menjadi bermanfaat apabila tanaman yang ditanam adalah tanaman yang tepat. Pencegahan hama kaper bisa dilakukan apabila petani menanam padi dengan tanaman lain.

Setelah anda mengetahaui ketiga materi baru meliputi syarat padi bisa tumbuh, cara hama kaper menyerang padi dan cara mengatasi hama kaper pada tanaman padi, tentunya anda jadi lebih memahami bagaimana cara merawat tanaman padi yang anda tanam. Demikian informasi yang bisa kami berikan kepada anda mengenai cara mengatasi hama kaper pada tanaman padi. Semoga dapat memberikan manfaat kepada anda semua.

Sumber: https://ilmubudidaya.com