Nguri-uri Budaya Jawa (Bersih Dusun)

  • Aug 09, 2019
  • parwotobrother
  • BERITA

Bersih Dusun (kemis sajen) merupakan slametan atau upacara adat Jawa untuk memberikan sesaji kepada danyang desa. Sesaji berasal dari kewajiban setiap keluarga untuk menyumbangkan makanan. Bersih desa dilakukan oleh masyarakat dusun untuk membersihkan desa dari roh-roh jahat yang mengganggu. Maka sesaji diberikan kepada danyang, karena danyang dipercaya sebagai penjaga sebuah desa. Dengan demikian, upacara bersih desa diadakan di makam danyang. (sumber wikipedia). Seiring berkembangnya jaman dan masuknya islam ke indonesia terutama di wilayah jawa yang dibawa para wali (wali songo) budaya bersih dusun berubah menjadi sebuah tradisi yang didalamnya berisi doa kepada Allah secara bersama sama dan sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan tuhan. Isi doa yang dipanjatka ialah berdoa agar masyarakat dusun mendapatkan keselamatan, kesehatan, kelancaran rejeki dan agar dusun mendapatkan perlindungan dari berbagai bencana.
Dusun Bulurejo Desa Klunggen merupakan salah satu Dusun yang masih melaksanakan kebudayaan tersebut hingga saat ini, Kegiatan ini dilaksanakan pada minggu, 4 agustus 2019 yang bertempat di rumah pth. Kepala dusun bulurejo. Antusias masyarakat dusun cukup tinggi dalam acara ini, lebih dari 200 orang hadir dalam acara ini yang terdiri dari anak anak hingga orang dewasa, dalam acara ini sebagian masyarakat membawa hidangan lebih dari 40 ayam panggang yang dihidangkan. Sebelum acara inti dimualai diadakan pengajian dan doa bersama yang diharapakan agar masyarakat dusun selalu dalam lindungan Allah dan dijauhkan dari berbagai marabahaya dan bencana.
Dalam sambutanya pth. Kadus bulurejo menyampaikan dengan adanya kegiatan bersih dusun diharapkan, gotong royong, kerukunan antar masyarakat bisa lebih ditingkatkan dan berharap agar masyarakat tidak meninggalkan kebudayaan jawa karena sebagai bentuk jati diri dari orang jawa. Dalam penutupan sambutan beliau berharap setelah adnya kegiatan bersih dusun, dusun bulurejo bisa menjadi dusun yang gemah ripah loh jinawi
Pada acara Bersih Dusun ini ikut dimeriahakan kesenian tradisional angklung dan tretek yang dimainkan oleh pemuda Dusun yang tergabung dalam kelompok Group Tretek Desa Klunggen. Group ini pernah juara 1 lomba tingkat kecamatan dan mewakili lomba Tretek kecamatan Slogohimo ke tingkat Kabupaten Wonogiri dan mendapatkan Juara 3 tingkat Kabupaten. Samapai akhir acara kegiatan ini berjalan baik dan lancar diharapkan tahun depan bisa diadakan Kegiatan bersih Dusun yang lebih meriah.(p4r)