Vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Slogohimo

  • Mar 09, 2021
  • parwotobrother

Klunggen.desa.id – Slogohimo. Setelah petugas kesehatan, vaksin Covid-19 gencar diberikan kepada petugas pelayanan publik yang ada di Kecamatan Slogohimo yang meliputi staff kecamatan slogohimo, staff KUA Kecamatan Slogohimo, kepala desa dan lurah se kecamatan slogohimo dan dua orang perangkat Desa seKecamatan Slogohimo(8/3). Penerima vaksin yang ada di Kecamatan Slogohimo masih terbatas karena keterbatasan jumlah vaksin yang didistribusikan masih terbatas dan bagi yang petugas pelayanan publik yangbelum mendapatkan vaksinasi akan mendapatkan vaksinasi tahap berikutnya.

Doc. Sambutan Camat Slogohimo bersama Kapolsek, Kepala KUA dan Kepala Desa

Camat Slogohimo, Drs. Khamid Wijaya,MM menyampaikan bahwa vakinasi Covid-19 aman dan diharapkan dengan adanya vaksinasi dapat menekan penyebaran Covid-19 yang ada di Kecamatan Slogohimo. Beliau menyamapakan agar masayarakat tidak merasa takut untuk melakukan vaksinasi karena telah teruji secara klinis. Pelaksanaan vaksinasi di Kecamatan Slogohimo dilaksanakan di Puskesmas Slogohimo dimulai pukul 08.00 dan bagi yang mengikuti vaksinasi dijadwal untuk menghindari kerumunan. Pada kegiatan ini dibagi dua sesi yaitu pagi dimulai jam 08.00 sampai jam 09.30 dan sesi siang dimulai pukul 09.30 sampai selesai. Kegiatan ini pun berjalan sesuai dengan protokol kesehatan yang telah diberlakukan oleh pemerintah.

Doc. Screening Vaksinasi

Doc. Penerima Vaksin menunggu 30 menit

Tahapan vaksinasi yang dilaksanakan adalah sebagai berikut: Tahapan yang dimaksud adalah pendaftaran, skrining, pemberian vaksin dan menunggu selama 30 menit sambil dipantau oleh tenaga kesehatan. Pada saat skrining, calon penerima vaksin didata identitasnya, gejala yang sama seperti COVID-19, riwayat penyakit terdahulu, riwayat penggunaan obat, riwayat pemberian vaksin dalam waktu 1-14 hari terakhir, dan kondisi kehamilan Setelah itu, calon penerima vaksin menuju ruang tindakan untuk diberi suntikan. Vaksin diberikan 2 kali, yakni di hari pertama pemberian vaksin dan berikutnya pada hari ke-14. Setelah itu penerima vaksin menuju meja konsultasi. Penerima vaksin dijelaskan apa itu vaksin, gejala yang timbul setelah diberi vaksin, dan penanganannya. Selanjutnya penerima vaksin diarahkan menuju ruang tunggu dan diarahkan menunggu selama 30 menit untuk melihat apakah ada gejala yang muncul. Usai 30 menit, penerima vaksin bisa meninggalkan ruangan. Jika terjadi gejala pada saat sampai di rumah atau beberapa hari setelah vaksin, diharuskan segera memriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat. (p4r)