Balai Penyuluhan Pertanian Slogohimo Gelar Potensi Hasil Pertanian seKecamatan Slogohimo

Klunggen.desa.id, BPP Kecamatan Slogohimo mengadakan Gelar Potensi Pertanian Masing-masing Gapoktan seKecamatan Slogohimo pada Kamis, 7 November 2019 di Kantor BPP Pertanian Kecamatan Slogohimo. Pada Kegiatan ini dibuka langsung oleh Camat Slogohimo, beliau Drs. Khamid Wijaya, MM dan pendamping Desa, beliau menyampaikan agar Pemerintah Desa memaksimalkan untuk Pertanian di APBDes Desa masing-masing. Penganggaran dari APBDes di bidang pertanian bisa di bidang insfrastruktur seperti pembangunan irigasi dan Pemberdayaan petani seperti Pelatihan untuk para Petani. Selain dihadiri dari Camat Slogohimo, Dinas Pertanian dari Kabupaten Wonogiri juga hadir dalam kegiatan ini.

Hasil Budidaya Semangka Oleh BPP Slogohimo Dokumentasi: Brother Photography

Setelah acara pembukaan Kegiatan Gelar Potensi Pertanian, Camat Slogohimo bersama Dinas Pertanian dan Staff melaksanakan petik buah semangka yang ditanam di belakang kantor BPP Pertanian, Kebun milik BPP yang ditanami buah buah semangka. Semangka yang ditanam di kebun yaitu varietas semangka kuning dan semangka ini dijual untuk umum pada kegiatan Gelar Potensi Pertanian kali ini. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Desa dan Kelurahan seKecamatan Slogohimo dan berbagai hasil pertanian ikut memeriahkan pada kegiatan ini. Potensi hasil Pertanian yang dipamerkan seperti: Tanaman Porang dari Desa Tunggur dan Padarangin, Kacang Lurik dari Padarangin, Jamur dari Desa Pandan, Beras TTI dari Kelurahan Karang, Beras dan Masih banyak Potensi Pertanian yang dipamerkan pada Kegiatan ini.

Gelar Potensi Pertanian Desa dan Kelurahan seKecamatan Slogphimo Dokumentasi: Brother Photography

Desa Klunggen dengan Potensi Pertanian berupa Beras Hitam, Beras Merah dan Teh Rosella ikut memeriahkan pada Acara Gelar Potensi Pertanian yang diadakan BPP Kecamatan Slogohimo. Potensi Unggulan Pertanian saat ini masih diproduksi tahap uji coba karena baru pengenalan produk kepada masyarakat sehingga perlu adanya peran pemerintah dalam sosialisai dan penjualan produk.

Arahan dari Dinas Pertanian Dokumentasi: Brother Photography

Beras hitam dan Beras Merah hasil pertanian di Desa Klunggen memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan antara lain, Kaya Antioksidan, Melancarkan Pencernaan, Meningkatkan Ketajaman Fungsi Otak, Melindungi Jantung, Mencegah Diabetes, dalam hal serat Beras Hitam memiliki kelebihan serat dibandinkan beras merah. Teh Rosella memiliki manfaat untuk, Sebagai Antioksidan Bagi Tubuh, Meningkatkan Kekebalan Tubuh, Membantu Proses Diet, Meremajakan Kulit, Menurunkan Tekanan Darah. Dengan adanya Gelar Potensi Desa di Bidang Pertanian diharapkan memberikan Inovasi kepada Petani untuk melakukan inovasi pertanian di Bidang Pertanian. (p4r)

Facebook Comments
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com