Klunggen di Penghujung Tahun

Klunggen. Di pengujung tahun 2019 tepatnya di bulan Desember, Pemerintah Desa Klunggen mengadakan berbagai kegiatan Desa yang diselenggarakan Pemerintah Desa bersama masyarakat Desa. Kegiatan yang diselenggarakan mulai dari Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Serah terima jabatan Pj. Kepala Desa kepada Kepala Desa baru.

Destana (Brother Photography)
Sertijab (Brother Photography)

KEGIATAN DESA TANGGUH BENCANA (DESTANA)

Kegiatan Tangguh Bencana (Destana) Desa Klunggen diadakan oleh Pemerintah Desa Klunggen bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri. Kegiatan ini bermaksud untuk melatih masyarakat Desa tentang analisa bencana yang bisa terjadi di Wilayah Desa Khususnya Desa Klunggen, kegiatan ini dihadiri oleh Ketua RT dan RW se Desa Klunggen, BPD Desa Klunggen dan Tokoh Masyarakat Perwakilan tiap Dusun. Selain melatih mayarakat dalam analisan bencana di wilayah rawan bencana, Pemerintah Desa juga membentuk tim Penanggualangan Bencana yang terdiri dari unsur Pemerintah Desa. Lembaga Desa dan Mayarakat Desa yang disahkan dengan Surat Keputusan Kepala Desa Klunggen. Tim ini terbagi dalam tugasnya masing masing sesuai dengan kemampuan individu yang dimiliki, maksud dari pembentukan tim adalah untuk antisiapasi jika ada bencana yang terjadi di Desa Klunggen.

mitigasi bencana (Brother Photography)
pembentukan Tim Destana (Brother Photography)

 

 

 

 

 

 

 

Dalam forum diskusi yang diadakan oleh BPBD kabuapten Wonogiri bersama pesrta yang hadir di kegiatan ini dapat disimpulkan pemetaan wilayah rawan bencana di Desa Klunggen dan Jenis bencana yang mungkin  bisa terjadi di Desa klunggen. Wilayah Jenis bencana yang mungkin bisa terjadi yaitu Bencana angin besar dan daerah yang masuk mitigasi rawan bencana yaitu daerah yang memiliki ketinngian lebih serta daerah perumahan yang banyak ditumbuhi pepohonan rimbun dan memiliki akar yang mudah rapuh seperti pohon sengon dan pohon kelapa.

Pemerintah Desa berharap Desa Klunggen aman dari berbagai jenis bencana dan diharapakan dengan terbentuknya tim Tangguh Bencana, Desa sudah siap untuk penangananan jika suatu saat bencana terjadi di wilayah Klunggen. (p4r)

SERAH TERIMA Pj. KEPALA DESA  KEPADA KEPALA DESA TERLANTIK

Pesta Demokrasi Pemilihan kepala Desa telah diselenggarakan pada 25 September 2019, dengan dua calon kepala Desa, berjalan dengan lancar dan tertib. Pesta Demokrasi ini untuk memilih Pemimpin Desa sesuai keinginan masyarakat dan dengan sistem pemilihan secara langsung dan Bapak Lamino, S.Sos terpilih kembali menjadi Kepala Desa Klunggen periode 2019-2025.

Camat Slogohimo bersama Forkompincam (Brother Photography)
Serah Terima Jabatan (Brother Photography)

Selama Kepala Desa Klunggen habis masa Jabatanya yaitu pada tanggal 8 Mei tahun 2019, Kepala Desa definitif digantikaan oleh Penjabat kepala Desa yaitu Bapak Sri Suwarno, S.Sos.M.H dari Kasi PMD kecamatan Slogohimo. Dalam menjalankan tugas Pemerintahan Desa Beliu memegang kendali penuh bersama Perangkat Desa untuk menjalankan Pemeeintahan Desa menggantikan beliau Bapak Lamino. Selama beliau menjabat sebagai Pj. Kepala Desa Klunggen, semua kegiatan Desa dikerjakan sesuai dengan APBDes yang telah tersusun sebelumnya baik di bidang insfrastruktur, pembinaan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat.

Pada tanggal 16 Desember 2019, Bupati Wonogiri melantik Kepala Desa terpilih periode 2019-2025 dan Beliau Bapak Lamino, kepala desa terpilih Desa Klunggen juga dilantik kembali untuk menjadi Kepala Desa Klunggen periode 2019-2019, dengan dilantiknya kepala Desa baru secara regulasi Penjabat kepala Desa tidak lagi memimpin Desa dan digantikan oleh kepala Desa yang telah dilantik. Pada tanggal 23 Desember 2019, pemerintah Desa Klunggen mengadakan acara Serah Terima Pj. Kepala Desa kepala kepada kepala Desa terlantik. Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Slogohimo dan masayarakat Desa Klunggen.

Dalam Sambutanya Beliau Bapak Khamid Wijaya, MM menyampakan ucapan selamat Kepala Kepala Desa terlantik berpesan kepada para tamu undangan agar setelah pesta Demokrasi selesai maka selesai pula pendukung antar calon untuk beda pendapat, dan diharapkan masyarakat kembali bersatu untuk membangun Desa Klunggen agar lebih baik. Bapak Sri Suwarno juga menyampaikan selamat kepala Kepala Desa terlantik dan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Desa Klunggen atas kerjasama yang dilakukan selama beliau menjabat, beliu juga meminta maaf jika selama memimpin Desa Klunggen banyak kekurangan dan ada khilaf kepada masyarakat, beliau juga berharap agar Desa Klunggen bisa lebih baik.

Bapak Lamino menyampaikan ucapan trima kasih kepada Bapak Sri Suwarno yang telah memimpin Desa selama mengalami kekosongan Kepala Desa dan ucapan terima kasih kepada masyarkat yang telah memberikan amanah kembali untuk menjadi Kepala Desa. Dalam penutupan acara dilaksukukan ramah tamah bagi hadirin dan tamu undangan dilanjutkan foto bersama. (p4r)

Facebook Comments
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com