Wanita Membangun Desa

klunggen.Rapat Koordinasi (Rakor) PKK Desa Klunggen dilaksnakan pada hari ini (10/07), kegiatan ini melibatkan ketua pkk dan sebagaian perwakilan pengurus PKK Desa Klunggen karena untuk untuk membatasi perkumpulan banyak orang.

doc. Brother (10/07/2020)

Kegiatan ini membahas kegiatan yang akan dilaksanakan oleh PKK Desa Klunggen menyambut HUT Repulik Indonesia tahun ini. Kegaiatan HUT tahun ini tidak seperti tahun sebelumnya dengan banyak perayaan yang dilakukan karena tahun ini di kabupaten wonogiri masih memberlakukan darurat covid-19 samapai dengan tanggal 31 Agustus 2020 sesuai instruksi Bupati Wonogiri.  Oleh karena tidak ada perayaan HUT tahun ini hanya ada kegiatan lomba K3 yang akan dilaksnakan di setia Desa se Kecamatan Slogohimo, dalam menentukan pemenang kegiatan ini pun disaring melalui video kegaiatan pelaksanaan kegiatan yang akan dikirimkan ke panitia dan akan dinilai ke lokasi satelah mendapatkan 10 kandidat terbaik. Kegiatan Rapat Koordiansi ini dipandu oleh ketua PKK Desa Klunggen Ny. Kasni Lamino, dalam samabutanya beliau menekankan kepada anggota PKK untuk melakukan penanaman sayuran di pekaranagan rumah, beliau menganjurkan bagi penggurus PKK untuk menjadi contoh bagi warga masyarakat dalam menanam sayuran di pekarangan rumah, bagi penggurus dan anggota masyarakat yang tidak memiliki lahan dapat menggunakan sistem hidropinik dalam bercocok tanam. Selain himbauan untuk menanam sayuran di pekarangan rumah beliau juga menghimbau untuk menanam tanaman apotik hidup di pekarangan dan melakukan budidaya ikan di pekarangan rumah. Kegaiatan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan gizi bagi masyarakat dan mengurangi pengeluaran untuk membeli sayur di pasar, sehingga pengeluaran warga masyarakat bisa ditekan.

Pada kegiatan ini disampaikan pula mengenai petunjuk teknis penilaian perlombaan K3, petunjut teknis yang disampaikan adalah sebagai berikut:

  1. Wilayah penilaian 1 kawasan yaitu RT (dawis)
  2. Wilayah yg pernah dilombakan dalam 3 thn terakhir di tingkat kab dan wilayah yg diajukan lomba  desa binaan tidak boleh di ikutkan lomba.
  3. Kriteria penilaian
  4. Adanya MMT ttg cofid di area wilayah yg di nilai
  5. masing-masing rumah berisi apotik hidup dan warung hidup juga ikan kalau ikan tidak ada bisa menggunakan metode budikamber ( Budi daya sayur ikan dalam ember)
  6. Ada penerapan terkait protokoler covid19 dterapkan.

– Ketersediaan tmpat cuci tangan dng air mengalir dan masker

– hand sanitizer

– penerapan praktek CTPS bagi warga

7. Ada pemilahan sampah

8. Letak estetika keindahan

9. Kebersihan lingkungan

Kegiatan penilaian

  1. Penilaian 17 desa Kel dengan cara Di buat video dan di kirim ke no yg akan di share panitia PKK kec  Slogohimo pada pertengahan tgl 20an di bulan Agustus
  2. Dari 17 desa Kel akan di ambil 10 yg terbaik utk diseleksi dan kmd diambil 6 terbaik utk dicek lokasi dalam penentuan juara 1 sd 6 (p4r)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan