Musrenbang Desa Klunggen tahun 2019 dan Rencana Kerja Pemerintahan Desa Klunggen tahun 2020

  • Jan 22, 2019
  • parwoto
  • BERITA

Kepala Desa bersama Camat Slogohimo dan Tim Musrenbang Kecamatan

Menindaklanjuti Surat Camat No. 050/48 Perihal Musrenbang Desa/Kelurahan Tahun 2019 dan Penyusunan RKPD tahun 2020, Pada hari Senin, 21 Januari 2019 Pukul 13.00 Pemerintah Desa Klunggen mengadakan Musrenbang Desa Klunggen Tahun 2019 dan Rencana Kerja Pembangunan Desa Klunggen Tahun 2020 yang bertempat di Pendopo Balai Desa Klunggen. Acara ini dihadiri oleh Camat Slogohimo dan Tim Musrenbang dari Kecamatan. Selain dihadiri dari Camat Slogohimo beserta rombongan dan Perangkat Desa Klunggen, acara ini dihadiri oleh berbagai unsur lapisan masyarakat, seperti: BPD, KPMD, Karang Taruna, Kelompok Tani, TP.PKK, Posyandu, Perwakilan difabel, Tokoh Masyarakat dan berbagi unsur Masyarakat lain. Kepala Desa Klunggen beliau Bapak Lamino menyampaikan sambutan dan Pemaparan Kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang telah selesai dilaksanakan pada tahun 2018 yang telah sealesai 100%. Anggaran yang diperoleh Desa Klunggen pada tahun 2018 sebesar 1.540.946.000 yang bersumber dari Pendapatan Asli Desa (PAD), Dana Desa (DDS), Alokasi Dana Desa (ADD), Bantuan Keuangan Provinsi (Bankeu Prov) dan Bagi Hasil Pajak (BHP). Dana tersebut telah digunakan untuk Penyelenggaraan Pemerintahan Desa yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD). Sedangakan untuk Dana Desa diginakan untuk Pemabangunan Insfrastruktur Desa, Pembinaan dan Pemberdayaan Masyarakat.

Sambutan Drs. Khamid Wijaya, MM Camat Slogohimo

Drs. Khamid Wijaya, MM Camat Slogohimo menyampaikan pesan dari Bupati Wonogiri agar di tahun 2019 Desa menganggarkan Dana untuk Antisipasi dan penanggulangan Bencana Alam dan agar Pemerintah Desa Klunggen bisa meningkatkan Bantuan Rumah Tidak Layak Huni yang sebelumnya di tahun 2018 sebanyak 5 unit bis lebih ditingkatkan. Selain dua pendanaan tersebut beliau juga menyampaikan untuk menganggarkan pemasangan listrik untuk warga Desa yang belum dialiri aliran listrik PLN.

Antusias warga desa Klunggen

Antusias Masyarakat Desa Klunggen cukup tinggi dalam rangka ikut berpartisipasi mengikuti musyawarah Musrenbang Desa dan RKP Desa Klunggen, terbukti kehadiran masyarakat yang cukup banyak mengikuti acara tersebut. Sebanyak 100 Peserta Musrenbang Desa yang terdiri dari berbagai unsur masyrakat hadir dan mengikuti musyawarah. Di Rencana Kerja Pemerintah Desa tahun 2020, masyarakat Desa Klunggen banyak mengusulkan kegiatan pemberdayaan masyarakat selain untuk kegiatan insfrastruktur. (p4r)