KKN UNISRI Melakukan Digitalisasi pada UMKM dalam Upaya Peningkatan Jangkauan Pemasaran Menggunakan Aplikasi Instagram dan Shopee di Desa Klunggen

  • Sep 01, 2024
  • parwotobrother
  • ARTIKEL

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu bidang usaha produktif yang dikembangkan untuk mendukung perekonomian nasional yang dilakukan oleh perorangan atau badan usaha. Digitalisasi UMKM merupakan suatu upaya untuk memasarkan produk-produk UMKM oleh pelaku UMKM berbasis digital. Pada era industri 5.0 ini, dengan adanya digitalisasi diharapkan para pelaku usaha dapat memanfaatkan media sosial dan e-commerce sebagai media pemasaran produk UMKM.

Kacang mete dan emping jagung merupakan UMKM yang ada berada di Desa Klunggen. Pada saat ini pemasaran UMKM di desa klunggen masih bersifat konvensional, pelanggan biasanya hanya memesan via Whatsapp dan produk hanya dipasarkan di pasar lokal. Untuk itu diperlukan digitalisasi dalam pemasaranya.

Pada hari Selasa, 30 Juli 2024 Mahasiswa KKN-PPM Unisri Kelompok 4 melaksanakan program kerja digitalisasi pada UMKM kacang mete milik Ibu Warini di Desa Klunggen, mahasiswa memberikan penyuluhan dan praktek dalam pembuatan akun Instagram dan akun Shopee untuk produk kacang mete. Pada hari Kamis, 1 Agustus 2024 dilanjutkan pelaksanaan program kerja pada UMKM emping jagung milik Bapak Prapto, mahasiswa membuatkan akun Instagram dan konten foto produk, kegiatan ini berjalan dengan lancar dan tidak kendala apapun.

Kegiatan penyuluhan ini mendapatkan tanggapan positif dari pelaku UMKM. Harapannya, program ini dapat membantu para pelaku UMKM dalam mengetahui pentingnya digitalisasi UMKM dan tertarik untuk bergerak dalam berbisnis digital.

Penulis: KKN UNISRI