Mahasiswa KKN Unisri Kelompok 4 2024 Implementasi Peralatan Manajemen Untuk Meningkatkan Efisiensi UMKM di Desa Klunggen

  • Sep 01, 2024
  • parwotobrother
  • ARTIKEL

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata - Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Slamet Riyadi Surakarta Kelompok 4 di desa Klunggen melakukan "Implementasi Peralatan Manajemen Untuk Meningkatkan Efisiensi UMKM di Desa Klunggen ".

[Wonogiri, 16 Agustus 2024] Implementasi Peralatan dilakukan di salah satu UMKM Didesa Klunggen yaitu UMKM Rambak Utama Rasa Mas Fadhil, kegiatani ini berfokus pada peningkatan efisiensi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui implementasi peralatan manajemen. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk memperkuat sektor ekonomi lokal dengan memanfaatkan peralatan manajemen modern yang dapat membantu para pelaku UMKM dalam mengoptimalkan operasional mereka.

Implementasi Peralatan Manajemen

Kegiatan ini mencakup beberapa aspek penting dalam manajemen UMKM, di antaranya:

  1. Pengenalan Peralatan Manajemen Modern :

   Pelaku diberikan penjelasan mengenai peralatan manajemen berupa alat pemotong rambak yang dapat digunakan untuk mempermudah pemotongan rambak.

  1. Pelatihan Penggunaan Peralatan :

   Setelah pengenalan, dilakukan pelatihan langsung mengenai cara menggunakan peralatan tersebut. Pelaku UMKM diajarkan bagaimana cara menggunakan alat pemotong rambak.

 

  1. Simulasi dan Praktik :

   Untuk memastikan pemahaman yang mendalam, pelaku UMKM juga diberi kesempatan untuk melakukan simulasi penggunaan peralatan manajemen dalam skenario bisnis yang mereka hadapi sehari-hari. Ini membantu mereka merasakan manfaat langsung dari peralatan yang dipelajari.

  1. Pendampingan dan Monitoring :

   Setelah pelatihan, dilakukan pendampingan bagi peserta untuk memastikan implementasi peralatan manajemen berjalan dengan baik. Monitoring secara berkala dilakukan untuk mengevaluasi kemajuan dan memberikan bimbingan lanjutan jika diperlukan.

" Implementasi Peralatan Manajemen ini dilakukan untuk meningkatkan produktivitas usaha, penghematan waktu dan juga pengelolaan sumber daya yang lebih baik, sehingga dapat meningkatkan penjualannya " Ujarnya

Aisyah Dwi Anggraini dan Aisyah Febriana Nur Baity juga menyampaikan bahwa pelaku UMKM memberi respon positif dan hangat dengan adanya implementasi peralatan manajemen ini berharap kedepannya dapat terus diterapkan dan dapat meningkatkan produktivitas dan penjualan pada UMKM Rambak Utama Rasa Mas Fadhil.

Penulis:

Aisyah Dwi Anggraini (KKN UNISRI)

Aisyah Febriana Nur Baity (KKN UNISRI)