Mahasiswa KKN-PPM Unisri 2024 melakukan sebuah praktek mengajar Bahasa Inggris di SD N 1 Klunggen dan SD N 2 Klunggen dengan judul "Penggunaan Media APE untuk Meningkatkan Pemahaman dalam Bahasa Inggris"

  • Sep 01, 2024
  • parwotobrother
  • ARTIKEL

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata - Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Slamet Riyadi Surakarta kelompok 04 di Desa Klunggen, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri. Mahasiswa yang bernama Muhammad Reza Hakham melakukan sebuah praktek mengajar Bahasa Inggris di Sekolah Dasar "Penggunaan Media APE untuk Meningkatkan Pemahaman dalam Bahasa Inggris".

[Wonogiri, 6 Agustus 2024] Praktek mengajar Bahasa Inggris dengan materi "Feelings" yang dilakukan di SD N 2 Klunggen kelas 6. Para peserta didik sangat antusias sekali untuk mengikuti pembelajaran yang telah di siapkan. Pembelajaran bahasa inggris sangatlah tepat untuk diterapkan karena hampir semua siswa paham dengan materi yang disampaikan. Para peserta didik sangat senang sekali jika diberi sebuah pertanyaan terkait dengan materi yang disampaikan.

Para murid sangat senang sekali ingin mencoba sebuah Alat Permainan Edukatif yang berupa spinner dimana terdapat sebuah kosakata di spinner tersebut. Hal ini akan membuat sebuah keaktifan murid dalam pembelajaran sehingga tidak akan membuat bosan sama sekali. Alat Permainan ini sangatlah penting dalam sebuah pembelajaran untuk memudahkan peserta didik dalam mengingat materi yang telah dipelajari. Sehingga hal ini juga akan mendorong kreativitas guru untuk mengembangkan skill pada saat memberikan materi kepada peserta didik yang membuat semua siswa mampu aktif dalam pembelajaran tersebut.

[Wonogiri, 14 Agustus 2024] Praktek mengajar Bahasa Inggris dengan materi "Fruits" di SD N 1 Klunggen. Kehadiran para Mahasiswa dan Mahasiswi disambut  Para peserta didik sangat senang sekali mengikuti pembelajaran yang akan diterapkan. Pada pembelajaran tersebut para murid di ajarkan mengenai nama - nama buah dalam bahasa Inggris. Dengan ini siswa mampu menyebutkan nama buah dalam bahasa Inggris. Kurang aktif nya siswa dalam pembelajaran dapat menggangu pemahaman dalam pembelajaran yang disampaikan sehingga akan dapat mempengaruhi pola pikir siswa. Dengan adanya Alat Permainan Edukatif yang diberikan akan membuat semua siswa aktif dalam kelas.

Penggunaan Media Alat Permainan Edukatif menjadi salah satu kunci dari berhasil nya pembelajaran. Para murid sangat senang mengikuti kegiatan belajar dan murid sangat senang menulis kembali materi yang telah disampaikan. Hal ini akan menjadi sebuah tolak ukur keberhasilan dalam mengajar di sekolahan dan membuat sebuah inovasi di sekolahan tersebut. Terlaksananya kegiatan tersebut diharapkan Pengajar dan Peserta Didik mampu berfikir secara kreatif dan inovatif. Keberhasilan mengajar dan belajar akan menambah wawasan yang luas.

Penulis: Muhammad Reza Hakham (KKN UNISRI)