Proker KKN Mahasiswa UNISRI di Desa Klunggen

  • Jul 23, 2024
  • parwotobrother
  • BERITA

klunggen.desa.id | Klunggen, Koordinasi tentang Program Kerja (Proker) antara pemerintah Desa Klunggen dan Mahasiswa Universitas Slamet Riyadi Surakarta dilaksanakan di Balai Desa Klunggen Pada Selasa (23/7). Hal yang dibahas dalam koordinasi tersebut adalah tentang persamaan persepsi antara Program Kerja yang akan dilaksanakan Mahasiswa dan kondisi riil yang ada di Desa Klunggen. Mereka yang hadir di acara koordinasi merupakan mahasiswa yang akan melaksanalan KKN di Desa Klunggen selama 40 hari dan saat ini mereka tinggal di salah satu rumah di Dusun Mojoduwur.


Mahasiswa yang terdiri dari berbagai fakultas memberikan gambaran tentang program kerja yang akan dilaksanakan selama di Desa Klunggen. Program kerja ini terdiri dari Proker Kelompok dan individu. Pada Proker Kelompok mereka akan melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan Kesehatan dan UMKM. Di bidang kesehatan mereka akan melaksanakan kegiatan bersama Posyandu Remaja dan di bidang UMKM mereka akan berkolaborasi dengan pemilik UMKM yang ada di Desa Klunggen.

Pada Proker Individu para mahasiswa akan terbagi berdasarkan fakultas masing-masing, diantaranya sebagian mahasisawa akan berkolaborasi dengan pihak sekolah yang ada di Desa baik dari PAUD, TK dan Sekolah Dasar. Sebagian lagi akan berkolaborasi dengan pemilik UMKM karena sebagian mahasiswa memliki proker dalam pengembangan UMKM yang ada di Desa. Kolaborasi yang akan dilakukan diantaranya tentang pembuatan logo usaha, pengemasan produk atau packaging dan pemasaran secara online. Selain itu ada sebagian mahasiswa akan berkolaborasi dengan Pemerintah Desa berkaitan tentang Pelayanan Kependudukan bagi masyarakat.

Selain menyelesaikan Proker, mahasiswa yang melaksnakan kegiatan KKN akan berbaur langsung dengan masyarakat di Desa Klunggen. Mereka berharap agar saat ada kegiatan Desa seperti kerja bakti, pengajian dan kegiatan lain agar mereka dilibatkan karena sebagai bentuk pengabdian untuk masyarakat.

"Kami juga siap membantu masyarakat Desa Klunggen untuk mempersiapkan peringatan HUT RI, seperti pemasangan bendera, umbul-umbul dan kerja bakti membersihkan lingkungan" ujar salah satu mahasiswa.
(P4r)